10 Makanan Khas Sunda Paling Enak & Terpopuler | Informasi Kuliner

Posted on Posted in artikel, Info

Makanan Khas Sunda Terpopuler Cocok Buat Hidangan Parawisata

Kali ini sedikit membahas makanan khas sunda jawa barat terpopuler yang tentunya hidangan ini sangat cocok buat kamu apabila sedang mengadakan traveling ke jalan jalan parawisata ke wisata daerah sunda dan tak heran apabila kamu sudah menemukan berbagai macam menu hidangan khas sunda yang sudah menjadi paling tidak asing karena orang asing pun mungkin sudah banyak yang mengetahui makanan khas sunda jadi kali ini ragifah akan memberikan menu yang pass dan terpopuler yang sudah di minati oleh kalangan pengunjung ke adat sunda oke sebelum kamu mengetahui menu hidangan makanan khas sunda mungkin diantara kamu sudah tahu belum sunda itu daerah mana saja nah ini sedikit di bahas ya sunda merupakan daerah jawa barat yang dimana merupakan kedekatan dengan ibu kota Jakarta nah karena Jakarta bukan pulau jawa akan tetapi Mempunyai Wilayah nama tersendiri dan untuk daerah sunda juga mempunyai banyak jenis khas pakaian, makanan, dan sapaan yang berbeda beda akan tetapi biasanya untuk bahasa tetap one sunda walaupun ada beberapa tempat sunda yang bahasa nya lembut maupun kasar jadi tak heran ya sunda tetap mempunyai kekayaan alam dan juga perindustrian yang bagus pula dan tentunya untuk parawisata dank has kuliner pun sangat banyak dan banyak pula yang menyukainya jadi simak ya beberapa makanan khas sunda yang terpopuler.

  1. Nasi Liwet

Nasi liwet sangat pesat nih kalau bisa di bilang sudah banyak yang mengetahui nya bagaimana jenis nya oke anda bisa lihat di photo ya nah nasi liwet ini merupakan khas sunda yang termasuk terpopuler dan tentunya cara proses pembuatan nya tidak mudah dan tidak susah karena nasi liwet ini kalau bisa dilihat terpopuler nya menu nya tidak jauh dari ikan asin – daun pisang – aroma batang serai – sayur asem – ikan bakar dan jenis gorengan dan sambel serta lalap dan tentunya kenyang dan nikmat hehe jadi yang mau coba nanti kita buatkan resep nya deh.

Nasi_Liwet_Makanan_Khas_sunda

  1. Nasi Oncom

Nasi Oncom merupakan olahan nasi yang di temani dengan jenis menu oncom tahukan oncom , untuk oncom sendiri bukan oncom yang seperti di tukang gorengan ya akan tetapi ini oncom T.O ya yang ada butiran hijau nya gitu  dan ini gak jauh deh dengan menu sambal terasi dan juga menu ayam goreng dan tempe goreng dan ini berasal dari Tasikamalaya.

Nasi_Oncom_Makanan_Khas_sunda

  1. Karedok

Wah ayo siapa yang belom mengenal menu hidangan makanan satu ini nih Karedok hmhm ini juga enak loh akan tetapi sebenarnya karedok ini merupakan asal usul dari khas makanan betawi akan tetapi sudah terkenal hingga di beberapa wilayah sunda jadi ya bisa di masukan deh menu ini cocok banget untuk makan siang dengan di temani es teh botol nah untuk menu nya biasanya ada sayuran kukusan ya dan juga lotek atau seperti lontong dan juga ada bumbu kacang yang gurih dan ini tidak jauh dari tempe dan tahu serta kerupuk jadi di coba aja deh.

Karedok_Makanan_khas_Sunda

  1. Nasi Timbel

Nasi Timbel tentu bagi orang yang dulu nya suka bercocok tani biasanya orang sunda sudah hafal makanan makan istirahat nya yang dibawakan oleh sang istri atau anaknya yaitu jenis nasi timbel yang menggunakan metode nasi jenis nasi beras pulen dan juga di temani dengan pepes ikan dan juga jenis gorengan dan sambel jadi mau nyoba tenang di daerah sunda seperti bandung – garut dan juga bogor juga sudah banyak yang dagang di warung makan nya coba aja deh ya.

Nasi_Timbel_Makanan_Khas_Sunda

  1. Lotek

Menu Makanan Lotek namanya unik ya dan simple nah hidangan ini sebenarnya tidak jauh dengan menu seperti gado gado ya hmhm menu ini juga terpopuler banget deh di iringi dengan menu lontong dan juga bumbu pecel yang tidak jauh juga dengan sayuran nay jadi silahkan mau coba beli gado gado juga hampir sama kok ayo di coba ya pas mau makan siang aja.

Lotek_Makanan_Khas_Sunda

  1. Lontong Sayur

Wah kalau makanan lontong sayur seperti nya di depan ragifah pagi pagi suka ada yang lewat dan ini tradisional tapi enak dan sehat kok dengan hangat hangat dan juga bumbu kuah nya yang kuning dan guring seperti jenis bumbu kuah opor pokok nya enak deh di coba deh ya sist atau agan hehe.

  1. Sayur Asem

Tadi ngebahas nasi liwet kan yah nah untuk ini menu makanan sayur asem khas sunda yang termasuk terpopuler banget deh ini sangat banyak menyukai nya karena dari rasa dan bumbu yang gurih dan juga sayuran yang lengkap dan menggunakan asem jawa jadi gak asem asem banget akan tetapi ada sedikit manis dan asem dan gurih apalagi kalau di temani dengan menu ayam goreng beh muantap banget deh ini buat sarapan siang karena ya siang menurut admin.

Sayur_Asem_Makanan_Khas_Sunda

  1. Pepes

Siapa yang belom tahu pepes kok unik ya namanya tentu pepes merupakan makanan yang dibungkusi dengan daun pisang dan di kukus proses pembuatan pemasakan nya dan pepes juga tersedia menu pepes ikan ataupun pepes ayam atau jenis pepes tahu jadi tergantung peminat nya ya kamu sukanya apa tapi kalau dari ragifah sendiri lebih sukan pepes ikan dan tahu jadi tentunya kalau ini proses memasak nya mudah kok nanti kita buat resep nya disini.

  1. Soto Bandung

Kalau di daerah ragifah bekasi tentu agak sulit nemuin soto bandung dan ini termasuk soto yang ragifah suka karena soto nya sangat bening jenis mode nya dan tentu nya mempunyai khas yang sangat berbeda di pandang loh dari bahan olahan yang di hadiri dengan tetelan daging sapi – lobak di iris dan juga kacang kedelai goreng dan kuah nya bening deh kalau mau coba mending buat sendiri dari pada jauh juah nyari gak dapat hehe nanti kita usaha buat resep disini di tunggu aja deh.

  1. Mie Kocok Bandung

Seperti nya sampai point 10 saja ya dulu ini buat hidangan simple aja dan kalau ini kalau di temani dengan nasi tidak cocok karena mie kocok ini sudah ada jenis kadar berat nya yaitu dari mie tersebut dan mie kocok ini mempunyai ciri khas yang sangat unik loh ada jenis hidangan yang ditemani dengan menu ceker ayam hehe dan juga juga suiran daging yang tipis tipis mau coba bisa searching di google toko mie kocok bandung di dekat lokasi kamu.

Ok alhamdulilah 10 menu hidangn makanan khas sunda sudah kami tulis untuk menambah wawasan anda setidak nya anda sudah tahu menu nya seperti apa dan juga mode nya seperti apa dan kalau mau rasanya seperti apa di coba beli deh ya dan kalau enak ucapkan alhamdulilah dan kami ragifah snack box mewakili daerah snack box bekasi mengucapkan terimakasih kepada anda yang sudah datang ke website kami dan jangan lupa datang kembali untuk kedepan nya karena akan ada resep resep update terbaru dari penulis ragifah di nasi box.